Suara Shihan Maret 2019

Shihan JB Sujoto

Personal greed and egoism are things that cause human beings to forget respect for others and to violate rules that have been established for the sake of peace and friendship.

Keserakahan pribadi dan egoisme adalah hal-hal yang menyebabkan manusia lupa untuk menghormati orang lain dan melanggar aturan yang telah ditetapkan demi perdamaian dan persahabatan.         Mas Oyama.

Maksud kata-kata bijak dari Sosai Oyama adalah, bahwa apa apa saja yang sudah ditetapkan demi perdamaian dan persahabatan bersama, janganlah dilanggar hanya karena mementingkan diri sendiri . Sikap ini dapat membuat orang lupa menghormati orang lain hanya sekedar ingin mencapai keinginannya .

Ini yang harus diingatkan dan dihindari oleh para pengikut Sosai Masutatsu Oyama . Kalau ini tidak dipahami, maka kita bukan pengikut budo karate yang diajarkan Sosai .

Salah satu nilai dari bushido adalah Rei – Menghormati.

Hormat Kepada Orang Lain.

Seorang Samurai tidak pernah bersikap kasar dan ceroboh, namun senantiasa menggunakan kode etiknya secara sempurna sepanjang waktu. Sikap santun dan hormat tidak saja ditujukan pada pimpinan dan orang tua, namun kepada tamu atau siapa pun yang ditemui.   Sikap santun meliputi cara duduk, berbicara, bahkan dalam memperlakukan benda ataupun senjata.

” Apakah kau sedang berjalan, berdiri diam, sedang duduk, atau sedang bersandar, di dalam perilaku dan sikapmu ,kamu harus membawa diri dengan cara yang benar-benar mencerminkan prajurit sejati. ”

Nampaknya tidak mudah, tetapi nilai-nilai ini baik untuk diresapi . Apabila kamu dapat mewujudkan dalam kehidupanmu sehari hari, kamu akan memberikan kesan pertama yang baik pada orang lain . Kamu dihargai sebagai orang yang mengerti bagaimana menghormati orang yang pantas dihormati .

Bukan hanya ilmu karate yang kita kejar, tetapi nilai nilai budo yang terkandung didalamnya juga memerlukan perhatian khusus , baru ada gunanya .

J. B. Sujoto

President WKO Asia

About Mario

Hai .. Saya Mario dari Semarang. Saya ikut menggeluti olaraga Karate sejak kecil dan sampai sekarang saya masih berlatih dengan menjadi pelatih di DOJO. Administrator website kyokushin-indonesia.com adalah saya sendiri. Dengan adanya website ini semoga Shinkyokushin Karate di Indonesia makin dikenal oleh masyarakat Indonesia. OSU.

View all posts by Mario →