Untitled Document



The 10th World Open Karate Championship


Seperti yang diketahui ,tanggal 19 Oktober 2011 tengah malam , rombongan Team Indonesia berangkat ke Tokyo menghadiri 10th WOKC . Karena melalui Hongkong, baru tiba sekitar pk.14.00 di Haneda airport . Tadinya mengira dapat naik bus airport sehingga tidak perlu bingung . Ternyata harus menunggu hingga pk.18.00 baru ada bus yang berangkat . Akhirnya memberanikan diri naik subway (kereta bawah tanah) yang cukup merepotkan karena harus pindah kereta beberapa kali dan juga harus rajin bertanya jalur kereta api yang harus kita naiki . Untunglah, sekitar pk.16.00 sudah tiba di Hotel Tokyo Dome didaerah Suidobashi tempat penampungan atlet . Setelah menyelesaikan masalah administrasi yang ditangani secara cepat oleh pihak panitia , malamnya menikmati bersama masakan Yoshinoya di sekitar hotel . Esok hari , semua berangkat menuju Tokyo Metropolitan Gymnasium untuk memperoleh pengarahan serta latihan perwasitan hingga sore hari baru berakhir . Dari Indonesia ada satu perwakilan dalam perwasitan yang diwakili oleh shihan J.B.Sujoto . Malamnya berpencar , Roy Bernardo istirahat untuk persiapan pertarungan esok hari , rombongan lain bersama sama rombongan suporter ( Jesse Chandra Amir Kasan Franz Wijaya) menuju Ikebukuro jalan jalan , sedangkan shihan J.B. Sujoto memilih istirahat serta menyiapkan materi rapat esok hari.

Tanggal 22 Oktober , pk.08.30 berangkat menuju tempat pertandingan . Semalam Roy mengatakan agak masuk angin , tetapi pagi ini sudah kelihatan penuh semangat untuk bertarung . Lawan Roy masih sangat muda tetapi memiliki berat badan 111 kg dengan tinggi badan 175 cm . Roy yang sudah bertemu dengannya pada waktu pengarahan atlet di Gymnasium tidak merasa kuatir apa-apa dan masih merasa dapat mengatasi dengan kelincahan . Namun demikian , ketika tiba waktunya , Roy yang masih penuh percaya diri melakukan perlawanan dengan baik , tetapi tidak nampak lincah , bahkan berani bertarung dalam jarak dekat sehingga kena sapuan beberapa kali yang cukup keras dan akhirnya Roy dinyatakan kalah angka . Ketika tiba dibawah dan ditanya mengapa tidak melakukan hit and run , Roy mengakui kehilangan napas sehingga sulit untuk bermain lincah. Hal ini sering dialami atlet atlet terdahulu dan ini merupakan masalah yang harus dicarikan jalan keluar untuk masa yad .

Secara keseluruhan , 10th World Open Karate Championship kali ini jauh lebih seru dengan banyak kandidat juara berguguran . Donatas Imbras (2nd place 9th WOKC) dari Lithuania harus berakhir pada ronde ke 2 ditangan Iya Yakovlev dari Kazakhstan . Sedangkan Valeri Dimitrov (champion 4th World Cup) dari Bulgaria dapat bertahan hingga 32 besar dan ditaklukkan oleh Yuji Shimamoto yang keluar sebagai ranking ke-7 . Roman Nesterenko (3rd place 9th WOKC) dari Rusia dikalahkan oleh Norichika Tsukamoto disemi final dan menempati posisi ke 3 .



Nampak sekali Jepang menyiapkan sungguh-sungguh team nya dalam kejuaraan kali ini . Mereka mencampur teamnya dari beberapa generasi, dari yang senior hingga yang muda usia seperti lawan Roy Bernardo yang masih berusia 17th . Yang menarik perhatian adalah Yuki Maeda , 20th , berat badan hanya 65 kg tetapi memberikan perlawanan seru terhadap lawan-lawannya yang berpostur jauh lebih besar . Teknik tendangan putar sambil melompat sering memberikan kerepotan bagi lawannya . Akhirnya dia dipilih sebagai The Best Fighting Spirit.

Dipihak wanita juga tidak kalah seru . Team Jepang yang jumlah atletnya lebih banyak , terus berguguran menghadapi team dari Eropah dan akhirnya menyisakan satu orang yang diluar dugaan dapat mengalahkan kandidat juara Margarita Ciuplyte dari Lithuania . Tadinya orang mengira Caroline Brix dari Greece yang berpotongan rambut seperti pria serta postur tubuh mirip pria , namun berwajah bagus , yang akan tampil sebagai juara . Satu persatu lawannya dikalahkan dengan meyakinkan . Namun di semi final dia harus berhadapan dengan Margarita Ciuplyte kandidat juara dan harus puas dengan posisi ke-3 .

HASIL SELENGKAPNYA

PRIA

01. Norichika Tsukamoto (Jepang)
02. Tsutomu Murayama (Jepang)
03. Roman Nesterenko (Rusia)
04. Lukas Kubilius (Lithuania)
05. Brian Jakobsen (Denmark)
06. Andrey Materov (Rusia)
07. Yuji Shimamoto (Jepang)
08. Evgeni Andrushko (Rusia)
Best Fighting Spirit : Yuki Maeda (Jepang)
Best Technique : Norichika Tsukamoto (Jepang)
Tameshiwari : Brian Jakobsen (Denmark)

PUTRI

01. Emi Shoguchi (Jepang)
02. Margarita Ciuplyte (Lithuania)
03. Carolien Brix (Greece)
04. Inga Mikstaite (Lithuania)
Best Fighting Spirit : Sayaka Kato (Jepang)
Best Technique : Mariya Gridneva (Kazakhstan)



RAPAT UMUM NPO.WKO. SHINKYOKUSHINKAI

Tgl. 24 Oktober 2011 diadakan Rapat Umum yang dihadiri seluruh Branch Chief dan petinggi dari WKO seluruh dunia .
1. Wilayah Asia yang belum menyelenggarakan pemilihan Chairman baru melakukan rapat sebelum acara Rapat Umum dimulai . Dalam rapat yang ditengahi langsung oleh shihan K. Midori akhirnya mencapai persetujuan wilayah Asia Tengah (Kazakhstan dll) tetap berada dalam struktur organisasi Asia . Dengan demikian ada 14 negara yang bergabung dalam organisasi Asia dan memilih satu pimpinan yang akan duduk dalam struktur organisasi pusat selaku Board Member . Dengan perbandingan 16 suara untuk shihan J.B.Sujoto, 2 suara untuk shihan Shivaji Ganguly (Chairman lama) dan 2 suara abstain , akhirnya shihan J.B. Sujoto terpilih selaku Chairman wilayah Asia periode 2011 2015 .
2. Shihan Kenji Midori kembali terpilih secara mutlak untuk memimpin WKO dalam 4 tahun kedepan mengingat dibawah kepemimpinannya , WKO terus mengalami kemajuan .
3. WKO terus melakukan manuver manuver didalam pendekatannya agar Shinkyokushinkai dapat dipertandingkan dalam Olympic . Antara lain WKO wilayah Jepang semakin aktif dalam organisasi Japan Martial Arts Games Association .
4. Membentuk Panitia untuk memproses bergabungnya WKO dalam keanggotaan Sports Accord , sebuah organisasi internasional yang membawahi begitu banyak organisasi olahraga yang mirip Olympic .
5. Tindak lanjut mengenai 5th World Cup yang akan dilaksanakan pada awal April 2013 di Lithuania .
  Rapat berakhir hingga pk. 17.00 dan semua melakukan foto bersama .



ASIAN SHINKYOKUSHINKAI KARATE CHAMPIONSHIP

Sudah diputuskan Asian Turnamen yad akan dilaksanakan pada tanggal 22 25 Juni 2012 di Kazakhstan .
Kategori Kelas :
Pria : Kelas -70 Kg , Kelas -80 Kg dan Kelas Bebas .
Wanita : Kelas -55 Kg , Kelas -65 Kg dan Kelas Bebas .


Biaya akomodasi ditanggung panitia , sedangkan biaya perjalanan ditanggung peserta (negara pengirim) sendiri .
Atlet dari Indonesia akan dipilih dalam Kejurnas yad pada bulan Februari 2012 .
Para juara dalam Asian Championship akan ditetapkan sebagai perwakilan dari Wilayah Asia dalam 5th World Cup tahun 2013 di Lithuania .
Khusus pemilihan atlet untuk menghadapi WORLD CUP , wilayah Asia akan dibagi 2 wilayah pemilihan . Yang satu mewakili negara-negara Asia Tengah (Kazakhstan, Afghanistan , Kyrgyz , Uzbekistan , Turkmenistan, Tajikistan) , sedangkan yang lain mewakili daerah Asia lainnya . Dengan demikian dari wilayah Asia akan muncul 2 team .



KOMENTAR

WKO Shinkyokushinkai dibawah kepemimpinan shihan Kenji Midori sungguh memperoleh banyak sekali simpati dan dukungan . Baik dari pengusaha pemerintah maupun dari organisasi WKO Japan sendiri . Hal ini dapat dilihat dari para sponsor yang mendukung 10th WOKC . Yang menarik adalah , apa yang pernah diterapkan dalam Indonesia ketika merayakan HUT ke-20 , dimana seluruh pengurus, pelatih, warga Kyokushin Indonesia, dengan sumbangan biaya tertentu , diminta partisipasinya dengan memberikan ucapan selamat dalam buku kenang-kenangan HUT ke-20 . Didalam buku panduan 10th WOKC juga bertaburan ucapan selamat dari internal dengan berbagai macam gaya foto. Bahkan ada Branch Chief Jepang yang menyumbang hingga 1 juta JPY yang setara dengan 115 juta rp. Maka tidak heran, ketika malam Sayonara Party, makanan nya tidak habis-habis dan banyak ragamnya . Dalam rapat penutup , disebutkan , bahwa biaya turnamen kali ini habisnya sekitar lebih dari 15 M rupiah .

Dengan terpilihnya saya selaku Chairman untuk wilayah Asia , tentunya perlu extra kerjanya. Tidak lagi hanya memperhatikan kegiatan-kegiatan dalam negeri, tetapi juga harus memperhatikan kegiatan-kegiatan internasional . Dari banyak sms yang masuk , semua menyatakan kegembiraannya dimana kita sekarang ditunjuk menjadi pimpinan di Asia . Saya ingin menyerukan dari sini , bahwa jangan hanya merasa gembira saja , tetapi juga harus sungguh-sungguh mendukung agar kita mampu menjalankan peran ini dengan baik selama 4 tahun kedepan . Salah satu caranya adalah dengan sungguh-sungguh memberikan kontribusinya kepada perguruan secara nyata setiap ada kesempatan secara terus menerus . Entah berapa saja yang rela disumbangkan , tetapi kalau diperoleh dari banyak sumber , maka jumlahnya pasti akan terus bertambah . Kalau selama ini hanya sedikit orang yang memberikan perhatiannya , maka mulai sekarang, saya berharap semakin banyak lagi khususnya para pengurus , pelatih dan para warga yang memiliki perhatian besar terhadap kemajuan perguruan , bersedia memberikan donasi nya ke Kas Perguruan yang khusus diadakan untuk membiayai berbagai kegiatan . Dengan demikian , nama kita akan semakin harum dengan semakin banyak kegiatan yang dilaksanakan WKO INDONESIA , dan para atlet kita juga akan semakin mampu meningkatkan kualitasnya menjadi FIGHTER INTERNASIONAL .

Akhirnya, secara khusus saya sampaikan terima kasih yang tulus kepada mereka yang sudah mengirimkan ucapan selamatnya , juga kepada seluruh warga yang turut merasakan kegembiraan atas kemenangan ini .


Depan | Sejarah | Organisasi | Kegiatan

SUARA SHIHAN | Galeri | Dogi | Buku Tamu