Untitled Document





SUARA SHIHAN AGUSTUS 2017

Sejak awal mula memisahkan diri membentuk grup lain yang kemudian diberi nama Shinkyokushinkai , nampak sebagian besar kepala cabang di Jepang merapat dalam organisasi ini . Meskipun dalam perjalanannya, terdapat beberapa figur yang memisahkan diri dari grup ini , namun mereka tidak pernah tumbuh menjadi lebih baik , hanya sekedar ada nama organisasi baru dan bahkan ada yang kemudian memisahkan diri lagi diantara mereka .

Sementara sebagian besar yang masih tetap bersatu hingga kini, merasakan bertambah solidnya organisasi ini dan tumbuh pesat menjadi nomer satu . Tahun demi tahun mereka terus menyesuaikan diri dengan perkembangan , perubahan secara bersama dan perbedaan – perbedaan kecil dapat diatasi dengan damai ..



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 31 Juli 2017
=======================================================================
SUARA SHIHAN JULI 2017

Kadar kesetiaan seseorang...
Saya ingin hadir tetapi saya tidak bisa berhubung terikat dengan kerjaan . Saya ingin ikut tapi kendala keuangan, belum gajian . Buat apa saya datang , lebih baik uangnya saya pergunakan untuk jalan jalan ke luar negeri.
Dari ketiga contoh ini , alasan yang diberikan no.3 , menunjukkan kesetiaan orang tsb. sudah luntur jauh sekali . Ikatan bathin dengan perguruan sudah lenyap , yang ada hanya hitung-hitungan keuntungan yang akan diterima . Selalu tampil kalau di mudahkan atau ada maunya , misalnya ingin mengikuti ujian kenaikan tingkat .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 26 Juni 2017
=======================================================================
SUARA SHIHAN JUNI 2017

Kebersamaan didalam menjalankan latihan serta memperdalam ilmu karate secara harmonis …..
Sejak awal ,Sosai Oyama bercita-cita mendirikan perguruan beladiri karate bertujuan membangun karakter para pengikutnya berdasarkan falsafah budo karate yang diyakini dapat menumbuhkan rasa patriot serta memiliki mental spiritual tak tergoyahkan dan berwatak ksatria yang dibutuhkan sebagai seorang pemimpin . Tentunya juga bekal keterampilan beladiri dan kesehatan . Segala bangsa telah berbaur dalam dojo dojo Sosai Oyama yang tersebar diseluruh dunia dengan semangat yang sama . Berbagai suku , agama, kepercayaan, ras dan antar golongan berbaur menjadi satu tanpa perbedaan apapun dan dapat berkomunikai dengan baik dan lancar , memiliki rasa persaudaran dan persahabatan kental yang tumbuh secara alamiah .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Juni 2017
=======================================================================
SUARA SHIHAN MEI 2017

Daya tarik karate yang luar biasa .....
Dulu, ketika saya masih di sekolah menengah , saya tertarik mempelajari karate setelah melihat film karate yang mempertontonkan kedahsyatan sabetan tangan seorang karate-ka . Saya belajar terus menerus untuk memiliki kekuatan sabetan tsb. Oleh sebab itu saya rajin sekali berlatih dan melatih hingga memiliki kepercayaan diri dalam melakukan sabetan tanpa kuatir sakit maupun bengkak . Kalau sudah berani berbuat demikian, tinggal mempelajari teknik yang tepat maka sabetan nya akan berhasil mematahkan, memecahkan benda benda keras.

Sekarang, saya melihat daya tarik karate masih tetap besar . Namun ketertarikannya mungkin sedikit bergeser pada tingkatan sabuk yang akan diperoleh . Orang buru-buru ingin memiliki tingkatan yang tinggi dengan sedikit usaha . Selain ada rasa kebanggaan dengan memiliki tingkatan tinggi, ada juga yang memanfaatkannya untuk mencari uang .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 2 Mei 2017
=======================================================================
SUARA SHIHAN APRIL 2017

Perubahan yang membawa kemajuan...
Setelah berlangsung selama 35 tahun , mulai terasa adanya perubahan cara berpandang maupun cara bersikap , terutama cara menilai tingkatan yang dimiliki dengan keberanian dalam mengolah keuangan .
Kalau dulu banyak hal yang disederhanakan dalam arti sedikit mungkin dalam hal pengeluaran yang berhubungan dengan keuangan . Tidak begitu mempermasalahkan tentang pengakuan internasional, yang penting penampilan tidak kalah ....
Setelah mengalami pergaulan internasional , hal-hal yang dulu dianggap sepele , sekarang mulai mendaptkan perhatian yang lebih serius , apalagi ketika ditiadakan penerbitan sertifikat sabuk hitam secara local , semakin banyak yang mulai merubah cara berpandangnya dan dapat lebih menghargai tingkatannya .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 3 April 2017
=======================================================================
SUARA SHIHAN MARET 2017

Tidak ada hasil tanpa usaha……………..
Ungkapan diatas sangat masuk akal . Kalau ingin mencapai sesuatu orang harus bergerak mendekatinya . Hanya dengan berdiam diri , tidak pernah akan dapat meraih keinginan tsb. Saya ingat ketika mempraktekkan bisnis Multi Level Marketing . Orang diberi jalan untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dengan cara rajin memperkenalkan bisnis tsb kepada orang lain . Semakin banyak orang yang berhasil diajak bergabung, semakin besar hasil yang diperoleh . Namun demikian ,banyak yang setelah mencoba melangkah satu langkah dan mendapat seorang pengikut, lalu tidak berbuat apa-apa lagi dan terus mengharapkan dapat memperoleh hasil yang besar . Akhirnya dia tidak mendapat apaapa . Sama halnya orang hanya berdoa dan tidak berbuat apa-apa. Mereka berharap Tuhan yang akan bekerja untuknya . Tentunya kekecewaan yang didapat . Sebaliknya orang yang terus berusaha dan tidak kuatir akan hasil yang diperoleh , sering mendapatkan kemudahan dan jalan keluar untuk menyelesaikan kesulitannya . Jadi , teruslah bekerja tanpa putus asa dengan penuh harapan .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 28 Februari 2017
=======================================================================
SUARA SHIHAN FEBRUARI 2017

Kalau masih ada beberapa yang acuh tak acuh karena merasa dipentingkan , mudah-mudahan setelah peristiwa ini dapat menyesuaikan sikapnya supaya tidak diremehkan orang lain .

Dibutuhkan waktu selama 35 tahun untuk mengubah sebuah sikap yang merasa diri super , egois , menjadi pribadi yang sangat paham akan pentingnya kerja sama yang baik dari segenap pihak demi keberhasilan sebuah pekerjaan yang membawa manfaat bagi semua . Dengan sering berbaur dengan kegiatan kegiatan internasional , orang belajar bersikap lebih disiplin dan tahu diri .

Sebuah beban apabila ditanggungkan pada satu orang saja , akan terasa amat berat . Semakin banyak orang yang berperan dengan menangung sedikit beban , maka akan terasa lebih ringan .

Orang-orang yang sudah paham dan selalu turun tangan dalam setiap kegiatan , adalah orang-orang yang sangat peduli terhadap kelangsungan hidup perguruan dan merekalah yang punya perguruan ini .font>


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Februari 2017
=======================================================================
SUARA SHIHAN JANUARI 2017

Sosai Masutatsu Oyama sudah mengajarkan, bahwa sekali kita mulai mendaki , maka tidak boleh berhenti . Sekali kita mulai berlatih , seumur hidup tetap berlatih untuk mencari kesempurnaan .

Tentunya semangat ini akan menuntun kita agar tetap merasa muda, kuat dan bersemangat . Banyak warga yang sudah berusia membuktikan dirinya masih dapat mengatasi problem latihannya . Namun banyak juga yang tidak konsisten karena menghadapi berbagai macam problema kehidupan sehingga kembali tenggelam ditelan bumi .

Jangan banyak berbela rasa terhadap diri sendiri dengan berbagai pertimbangan karena dapat melemahkan semangat . Bukankah seorang yang meniti jalan budo harus keras terhadap diri sendiri dan lembut pada orang lain .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 28 Desember 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN DESEMBER 2016

Semakin digenggam erat semakin cepat hilang.
Mengatur sebuah perguruan layaknya seperti membina sebuah rumah tangga. Setelah memiliki anak , dia dibimbing hingga dewasa dengan segenap perhatian dan memberikan perlindungan maksimal dengan harapan akan menjadi penerus yang mampu menjalankan hidupnya dengan baik . Demi pertumbuhannya ,diberi kebebasan dalam pergaulan namun tetap diawasi agar tidak salah jalan.

Disamping memiliki kemampuan juga dibekali dengan budi pekerti serta moral yang baik . Ketika usia orangtua mulai senja , penerusnya akan memberikan perhatian serta pengamanan yang sama seperti yang diperoleh ketika masih muda.



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 3 Desember 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN NOVEMBER 2016

Pelatih yang disegani dan dihormati . Disegani dan dihormati bukan karena keras atau hebat dalam teknik karatenya , namun lebih disebabkan karena nampak tulus dalam membimbing muridnya dan peduli dengan kemajuannya .

Ketika melihat kurang semangat, terus memberi motivasi agar kembali bergairah. Ketika mulai loyo dan bermaksud menyerah, terus memberikan peneguhan , agar hatinya kembali tabah. Ketika muncul rasa ketakutan, kuatkan hatinya dengan bermacam contohcontoh orang yang sukses dalam berlatih. Ketika mulai putus asa ,dampingi terus dengan memberikan bimbingan yang dapat membuat dia tetap melangkah maju , bukan sebaliknya lari dari kenyataan .

Memberi pengenalan kontak fisik dimulai dengan bertahap, bukan secara langsung dan membuat ketakutan . Berikan pengarahan agar dia mampu menaklukkan kelemahan diri . Semua akan terasa beda setelah dia mampu melewatkan semua hal yang tadinya dianggap tidak mampu atau menakutkan .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 4 November 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN OKTOBER 2016

Spirit bertarung yang sudah tertanam dengan baik merupakan modal besar dalam meraih kemenangan . Mereka maju bertarung tanpa ada sedikitpun keraguan . Mereka harus menang karena sudah tergambar dengan baik dalam dirinya untuk menang. Oleh sebab itu , penderitaan sebesar apapun harus ditahan dalam meraih kemenangan .

Kita sering membaca cerita sukses seseorang yang berangkat dari nol. Karena serba terbatas, mereka harus berhemat dan bersedia hidup dengan kekurangan , namun keinginan untuk keluar dari kondisi serba kurang ini membuat dirinya menjadi tidak mudah menyerah . Tidak mudah menyerah inilah yang membuat seseorang akhirnya dapat sukses meraih keinginannya.



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 6 Oktober 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN SEPTEMBER 2016

Kiai yang keras .....Kiai yang keras .....

Setiap kali melatih , sosai Mas Oyama selalu mengingatkan untuk Kiai yang keras . Maksudnya bukan menjerit , tetapi keluarkan suara dengan menekan perutnya dalam setiap gerakan dalam latihan kihon .

Gerakan menekan perut sambil kiai juga melancarkan peredaran darah. Saat kiai , hormon adrenalin akan meningkat dan memacu kerja jantung sehingga pembuluh darah dijantung melebar. Kerja jantung yang dipacu membuat peredaran darah lancar dan oksigen juga mengalir dengan lancar .

Selain itu , dengan kiai sambil berlatih melepas pukulan dengan tenaga yang dikerahkan dari perut , sedikit demi sedikit , tenaga yang terhimpun di daerah perut juga semakin meningkat.



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 9 Sepetember 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN AGUSTUS 2016

Lebih mudah seekor Onta masuk melalui lubang jarum daripada seorang kaya masuk kedalam kerajaan Allah, seperti yang tertulis di Alkitab .
Onta masuk melalui lubang jarum. Rasanya tidak mungkin. Tetapi apa yang tidak mungkin bagi manusia, sangat mungkin bagi Allah. Sementara bagi orang kaya diingatkan agar tidak hanya mengejar kekayaan duniawi, tetapi juga kekayaan rohaniah. Orang yang banyak uang lebih mudah menyalah gunakan uangnya untuk perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Allah. Inilah sebabnya dikatakan lebih sulit masuk kedalam kerajaan Allah .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Agustus 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN JULI 2016

Ingin menampilkan diri........................................
Semua pelatih dan pemegang sabuk hitam didorong untuk memberikan peragaan teknik karate dalam setiap kegiatan pertandingan . Selain untuk mempromosikan shinkyokushin karate , juga agar supaya selalu menjaga diri sehingga mampu memberikan penampilan nya yang terbaik setiap saat .

Jangan berpendapat dengan berbuat demikian anda akan dianggap sombong , suka pamer dsbnya . Orang disebut sombong kalau merasa diri paling benar dan merendahkan orang lain . Disini anda mempromosikan teknik karate yang anda pelajari begitu lama supaya orang mengenal dan timbul keinginan untuk mempelajarinya juga . Tanpa adanya upaya mempromosikan shinkyokushin karate , pengembangannya akan terasa terbatas sekali ....



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Juli 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN JUNII 2016

Nyali .........................................
Ada cerita lama dari India tentang nyali tikus . Ketika tikus bertemu dengan kucing , dia sangat takut dan lari ke tukang sihir minta diubah wujudnya menjadi kucing . Kemudian dia dihantui ketakutan lagi ketika bertemu dengan anjing dan minta diubah menjadi anjing . Melihat ada harimau lewat kembali dia dihinggapi rasa takut dan lari ketukang sihir lagi supaya diubah wujudnya menjadi harimau . Rupanya wujud harimau masih belum juga memberinya rasa aman ketika bertemu dengan pemburu . Kali ini tukang sihir menolak keinginannya untuk diubah menjadi seorang pemburu , karena percuma saja , dia tetap tidak bisa melepaskan nyali tikus ............................



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Juni 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN MEI 2016

Rasa cinta perguruan yang benar.......
Banyak terdengar permintaan dari daerah akan kebutuhan kaos , jaket, dan simbul-simbul perguruan lainnya . Ini menunjukkan kecintaan dan kebanggaan dari anggota tersebut terhadap perguruannya sehingga ingin memiliki semua simbul-simbul perguruan sebagai wujud kebanggaannya menjadi bagian dari perguruan ini .
Namun demikian, ada juga yang tidak jelas bagaimana harus bersikap sehingga menimbulkan tanda tanya bagi warga lainnya. Secara tertulis memang adalah anggota dari perguruan ini , namun demikian sikap persahabatan yang tidak terkendali membuat dia menjadi bagian dari mana saja ...



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 2 Mei 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN APRIL 2016

Jadilah kuat ketika sedang mengalami kelesuhan .......

Hidup ada kala senang , ada kala sedih; ada kala diatas , ada kala dibawah . Mengetahui akan hal ini maka membuat kita menjadi lebih waspada dan mampu menenangkan hati .

Tidak mungkin kita dapat menenangkan diri dan menjadi terang bagi orang lain , kalau kita sendiri tidak berusaha menjadi kuat . Oleh sebab itu orang beriman selalu mohon kepada Tuhan agar dapat dijadikan penghibur pada saat berduka , menjadi terang pada saat hidup sedang kacau.......dengan demikian dia akan dapat mengendalikan diri dan tidak tertekan....



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 2 April 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN MARET 2016

Jadilah seorang penyandang sabuk hitam.......
Latihan di Gedong Songo baru berlalu ; semua pulang dengan membawa kesan masing-masing; ada yang senang dan mungkin ada yang kecewa atau kesal. Yang senang , pasti mereka yang memang ingin mendapatkan tambahan pengetahuan dalam latihan dan tentunya juga mereka yang lulus ujian. Yang kecewa mungkin karena tidak berhasil lulus atau bertujuan lain dan tidak kesampaian. Sedangkan yang merasa kesal , mungkin yang habis mendapat teguran yang tidak diduga sebelumnya...



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Maret 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN FEBRUARI 2016

No pain no gain , tanpa pengorbanan tidak ada hasil yang didapat , demikian kata orang . Tentu ada perkecualian bagi keluarga yang sudah mapan 7 turunan . Namun demikian , kehidupan tidak selalu berada diatas . Ketika ada guncangan , maka bagi yang belum terbiasa dengan "pain" , hidupnya akan kacau .

Sementara orang yang memperoleh "gain" melalui "pain" , pasti jauh lebih tahan pukul dan mampu menyesuaikan diri dalam keadaan sulit yang sudah pernah dijalani sebelumnya .

Selain daripada itu , hasil yang dicapai dengan pengorbanan terasa akan lebih indah dan nikmat daripada sudah tersedia dengan sendirinya tanpa harus susah payah , sehingga belum memahami pengorbanan yang harus diberikan untuk mendapatkannya...



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 31 Januari 2016
=======================================================================
SUARA SHIHAN JANUARI 2016

Satu tahun kembali berlalu.........
Apa yang sudah sempat kita kerjakan pada tahun yang lalu .......
Banyak yang sudah dilakukan , namun adakah itu semua bermakna bagi orang banyak ....... Kalau mungkin, mari kita coba memikirkan untuk berbuat lebih banyak lagi yang dapat memberikan manfaat bagi orang yang berada disekitar kita. Coba tanya pada diri sendiri, " apakah saya sudah memberikan yang terbaik bagi para warga yang berlatih dibawah saya" . Berapa banyak kegiatan yang sudah saya kerjakan dalam rangka memajukan kualitas para warga khususnya yang sangat berminat untuk meraih kemajuan dalam karate . Sebagai warga coba tanyakan diri sendiri , "sudah berapa banyak yang saya peroleh selama berlatih bertahun-tahun " . Kalau ternyata belum seperti yang diharapkan , maka jangan mensia-siakan waktu yang sudah diberikan tanpa memperoleh hasil yang memadai . Sebaiknya berikan perhatian yang lebih fokus selama mendapat kesempatan untuk berlatih ...........



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 31 Desember 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN DESEMBER 2015

Semangat juang yang tak terkalahkan......
Melihat hasil Kejuaraan Dunia Karate ke-11 baru-baru ini di Tokyo , nampak sekali semangat berjuang yang tak kenal lelah berhasil ditanamkan pada tim Jepang yang sungguh-sungguh dikelola berkesinambungan dengan baik sekali . Sehingga postur-postur tubuh yang kecil mampu mengatasi segala kekurangannya untuk meraih kemenangan . Empat besar putra putri hampir seluruhnya diborong Tim Jepang kecuali juara pertama untuk kategori putri dan juara ketiga untuk kategori putra . Sebuah perjalanan yang dipersiapkan dengan matang akan membuahkan hasil yang luar biasa . Sekali lagi membuktikan bahwa postur tubuh kecil pun dapat mengatasi jalannya pertarungan dalam sebuah pertandingan tanpa pembagian kelas dengan peraturan pertandingan yang bersih .......



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Desember 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN NOVEMBER 2015

Semakin lama semakin bijak....
Tidak heran kalau orang tua dianggap lebih bijak dari pada anak muda . Hal ini disebabkan mereka sudah menyaksikan perjalanan hidup dari awal hingga usianya sekarang . Banyak contoh kehidupan yang sudah dialami dan disaksikan sendiri yang melintas dalam perjalanan hidupnya , sehingga dapat dijadikan pelajaran bagi orang lain khususnya kaum muda yang masih lugu .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 8 November 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN OKTOBER 2015

Kita harus menyadari, bahwa sebagai manusia kita memiliki kerapuhan , ketidaksempurnaan . Apa yang diinginkan belum tentu akan terwujud persis seperti yang diidam-idamkan . Kita merasa sudah berbuat maksimal tetapi bagi orang lain barangkali masih dianggap banyak celah . Kita ingin berbuat sesuatu yang menurut kita dapat memberikan sebuah solusi yang bagus dan membahagiakan orang banyak , tetapi malah hanya dipandang sebelah mata dan penuh kecurigaaan , akibatnya kita merasa tercampak, kesepian , tidak berguna.


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 4 Oktober 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN SEPTEMBER 2015

Hubungan kerja yang harmonis membuka peluang berkreasi ... Orang perlu diberi kebebasan untuk menentukan sikap sendiri agar semakin mampu mengambil keputusan yang bertanggung jawab .

Saya senantiasa mendorong pada mereka yang sudah menyandang tingkatan sabuk hitam agar lebih berani memberikan pertimbangan dengan kasus-kasus yang timbul didojo atau diwilayahnya . Kalau ada keraguan , biasanya didiskusikan , tetapi keputusan tetap ditangan mereka . Dengan diberinya tanggung jawab , orang menjadi lebih berhati-hati didalam mengambil keputusan . Dia akan belajar mempertimbangkannya dari segala segi sebelum membuat keputusan . Dengan demikian diharapkan semakin banyak muncul kader-kader yang berpikiran dan bersikap dewasa serta semakin mandiri ....



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 29 Agustus 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN AGUSTUS 2015

Kesulitan untuk memperoleh penerus yang dianggap memiliki kemampuan yang dapat dipertanggung jawabkan juga bisa dirasakan pada setiap perguruan . Sehingga banyak perguruan yang kemudian hilang karena tidak ada penerus yang handal dan mampu mempertahankannya . Ada juga muncul orang berbakat yang mampu mengangkat kembali nama besar perguruan beladiri sehingga menarik banyak peminat untuk berlatih . Orang bilang " ada gula ada semut " . Tidak heran lalu banyak orang yang ingin berperan dalam perguruan beladiri yang memiliki banyak pengikut . Dengan berjalannya waktu , dapat dilihat mana yang sungguh-sungguh mempelajarinya secara totalitas , dan mana yang hanya mencari kesempatan untuk turut tampil ...


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 2 Agustus 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN JULI 2015

Eh... diusia hampir 65 tahun masih menampilkan demonstrasi....terdengar suara orang-orang diluar sana...
Jangan pernah kendor dalam berkeinginan untuk terus memperbaiki kualitas diri . " Apabila usia semakin tua, dia semakin matang dan menguasai dengan baik, dia adalah type orang dari "Taiki Bansei". Saya berharap orang menjadi "Taiki Bansei", seperti diri saya " , ini yang pernah diucapkan oleh Sosai Mas Oyama.

Sekali kamu menyerah, maka keadaan menjadi tak terkontrol dan penampilan diri akan merosot dengan tajam baik kondisi tubuh maupun kesehatan. Meskipun keadaan belum memungkinkan untuk menata diri , namun tetap menanamkan keinginan untuk menjadi lebih baik ,sehingga masih ada pengendalian diri.



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 2 Juli 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN JUNI 2015

Sering kita melihat badan nya besar , tetapi sikapnya pengecut karena tidak memiliki keberanian , tidak punya nyali . Ada juga orang berpenampilan galak , suka marah dan menyalahi . Tetapi kalau sudah tiba saat harus bertarung , sama sekali ciut nyalinya .Lebih baik menjadi orang tidak banyak bicara ,selalu mengalah, tidak ingin menonjolkan diri , tetapi ketika harus membela diri, dia tidak pernah mundur hingga lawannya bertekuk lutut . Karate memang mendidik orang bersikap lembut namun ketika bertarung harus dilakukan dengan keras . Namun demikian, semua ini baru mungkin dilaksanakan kalau memiliki nyali.


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 8 Juni 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN MEI 2015

Pinter dan Jujur...
Pada awalnya orang akan lebih memilih orang pinter dalam mempekerjakan seorang karyawan . Namun seiring dengan ber jalannya waktu dan perkembangan usaha , orang mulai merasakan lebih membutuhkan orang jujur daripada orang pinter . Orang jujur lebih dapat diharapkan pengabdiannya sehingga majikannya dapat menjalankan usaha dengan lebih tenang, lebih teratur . Sementara orang pinter selalu melihat peluang dan dengan mudah dapat meninggalkan perusahaanya atau menimbulkan masalah bagi majikannya . Tentunya tidak selalu harus demikian ; itu hanya gambaran umum bagi majikan-majikan yang sudah mapan dan sudah mengalami keluar masuk banyak karyawan pinter diperusahaannya .



Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 7 Mei 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN APRIL 2015

Setelah cukup lama tidak menyelenggarakan kejuaraan terbuka karena padatnya acara diluar sehingga kita sibuk menghadiri kejuaraan diluar Indonesia dengan beberapa atlet yang kita miliki , maka tanpa sadar kita menjadi agak lengah untuk mengevaluasi kesiapan atlet kita lainnya apabila diminta untuk menghadapi lawan dari luar . Hal ini benar-benar terasa pada saat kita mengundang dari pihak luar untuk berpartisipasi dalam kejuaraan terbuka Shinkyokushin Karate yang akan diselenggarakan di Bali awal Mei 2015 . Kita baru sadar ternyata banyak yang merasa tidak siap khususnya secara mental .


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 2 April 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN MARET 2015

Kita sering menyaksikan orang-orang yang bertarung dalam sebuah Kejuaraan bergengsi dimana para peserta merupakan orang pilihan dari sekian banyak orang . Tapi kita tidak tahu, bahwa orang-orang tersebut, dulunya juga merupakan orang-orang yang dihinggapi penuh keraguan dan hampir berhenti ditengah jalan . Sosai Mas Oyama sering menceritakan kepada mereka yang dihinggapi rasa keraguan dan ingin mundur dalam latihannya tentang orang-orang yang tampil memukau di Kejuaraan bergengsi . Sosai bilang, mereka itu juga sama seperti kamu yang dihinggapi rasa tidak percaya diri dan ingin berhenti . Setelah mendapatkan pencerahan dan pemahaman yang dalam , timbul kesadaran dan semangat baru untuk melanjutkan perjuangannya .


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Maret 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN FEBRUARI 2015

Baru mau masuk tahun 2015 , kita dikagetkan dengan musibah jatuhnya pesawat Air Asia di perairan Pangkalan Bun . Semua penumpang berangkat dengan penuh kegembiraan menuju Singapore untuk merayakan tutup tahun 2014 , ingin berkumpul , ingin bergembira . Namun , siapa yang menduga semuanya berakhir dengan sangat menyedihkan dalam waktu sekejab . Kalau mau direnungkan , dapat dirasakan betapa riskan sekali hidup ini . Setiap saat nyawa kita dapat direnggut dimana saja, kapan saja dalam peristiwa yang tidak kita ketahui .


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 31 Januari 2015
=======================================================================
SUARA SHIHAN JANUARI 2015

Tahun 2015 , usia perguruan sudah 33 tahun , usia produktif , semakin matang , semakin tenang dalam menghadapi situasi dan kondisi , dapat melihat lebih jernih , dapat melangkah lebih pasti. Tahun lalu sudah nampak semakin banyak dojo, cabang, daerah yang semakin mandiri , percaya diri dalam mengambil dan menetapkan langkah-langkah yang dirasakan bermanfaat bagi perkembangan perguruan . Ini sungguh mendamaikan hati dan menunjukkan , bahwa mereka merasa turut memiliki perguruan ini sehingga tidak mungkin rela kalau perguruan ini sampai tidak terurus dengan baik...


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 31 Desember 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN DESEMBER 2014

Mengapa banyak fighter kita yang kelihatannya sudah memiliki daya tahan yang cukup , ternyata tidak begitu teruji ketika harus berhadapan dengan fighter lain yang memiliki pukulan lebih mantap. Ketika anda dianggap memiliki pukulan keras, pihak lawan tidak berani bertukar pukulan sehingga anda tidak pernah tahu seberapa jauh daya tahan tubuh anda sesungguhnya hingga suatu waktu anda berhadapan dengan lawan yang memiliki pukulan keras dan berani bertukar pukulan dengan anda . Kalau ternyata daya tahan anda belum teruji maka anda kemudian menyerah . Sebelum anda bertarung pada sebuah kejuaraan , sebaiknya anda sudah harus merasakan segala pukulan keras supaya benar-benar teruji dan mengetahui secara pasti kemampuan diri sejak awal . Semua tidak ada yang instant...


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Desember 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN NOVEMBER 2014

Sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang , akhirnya akan menjadi sebuah kebiasaan . Masyarakat akan menganggap sesuatu yang wajar karena sudah terbiasa menyaksikannya . Misalnya apa yang dilihat di televisi mengenai kelakuan kasar atau kurang sopan yang diperlihatkan , lama kelamaan , orang menjadi terbiasa apabila menyaksikannya di kehidupan nyata . Kebudayaan luar yang menganggap tidak bermasalah kalau duduk dengan kaki dilipatkan keatas pada kaki lainnya ketika berbicara berhadapan dengan yang lebih tua , dianggap biasa-biasa saja . Akhirnya ditiru oleh kita yang bahkan menganggap kuno kalau mempersoalkannya . Tata krama timur yang menganggap hal tersebut kurang sopan ,dianggap mereka sudah ketinggalan , tidak modern ...


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 31 Oktober 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN OKTOBER 2014

Tuhan memang maha besar dan selalu memberikan bantuan terhadap mereka yang tertindas namun sesungguhnya memiliki kepantasan yang lebih layak . Meskipun sedang tertindas , namun karena dinilai belum memiliki kemampuan yang lebih layak , terlihat seolah-olah tidak memperoleh kesempatan dari Tuhan Yang Maha Adil . Jadi kita sebetulnya hanya perlu selalu berusaha berbuat sebaik-baiknya , berusaha semaksimalnya untuk meningkatkan kemampuan diri, dan selanjutnya tinggal mengharapkan penilaian dari Tuhan apakah kita sudah pantas atau belum untuk menerima keadaan yang lebih tinggi dan mulia . Ketika saya disumbat kesempatannya untuk muncul kepermukaan yang lebih tinggi , saya tidak pernah mengeluh dan terus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, ...


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 3 Oktober 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN SEPTEMBER 2014

Pengaruh karate sungguh begitu luas khususnya kyokushin karate yang diajarkan oleh Sosai Mas Oyama . Melalui karate Sosai ingin memberi kesempatan kepada sebanyak mungkin orang berkunjung ke Jepang . Setiap empat tahun Sosai menyelenggarakan Kejuaraan Dunia di Tokyo , dan semua peserta dan pimpinan dari sekitar 100 negara lebih di hadirkan dengan jaminan penuh . Persahabatan diantara bangsa-bangsa yang hadir tercipta semakin akrab dari waktu ke waktu . Melalui karate Sosai mengubah mental dan phisik para pengikutnya . Dari seorang biasa, menjadi orang yang memiliki kemampuan baik phisik maupun mental spifritual diatas rata-rata manusia . Kalau Jokowi mencanangkan revolusi mental , sesungguhnya di kyokushin karate proses itu sudah terjadi . Melalui karate kita mendapatkan kepercayaan diri dan kedamaian . Melalui karate kita dididik moral dan etika . Kalau masih ada masalah yang sulit terpecahkan , masuk ke dojo dan berlatih dengan penuh semangat dan sekuat tenaga , ...


Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 2 September 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN AGUSTUS 2014

Mengapa semakin hari semakin sulit mencari kader yang sungguhsungguh bersedia melatih dirinya dengan penuh kedisiplinan untuk mencari penyempurnaan hari demi hari ....
Kondisi seperti ini ternyata tidak hanya dihadapi oleh kita, namun dinegara lain juga memiliki problem yang sama , bahkan di pusat Jepang juga harus bekerja keras untuk menciptakan kader-kader generasi baru untuk menjamin kelangsungan perkembangan dari Shinkyokushin Karate . Dipusat dengan menyelenggarakan Dream Cup yang pesertanya dari anak-anak kecil ,dapat terhimpun ratusan hingga empat ratusan anak-anak yang berbakat. ...


.....
Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 31 Juli 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN JULI 2014

Orang belajar karate tujuannya agar mampu menyadari daya potensi yang ada dalam dirinya dan berupaya untuk menggali sedalamdalamnya segenap kemampuan yang dimiliki. Dengan selangkah demi selangkah orang semakin dapat merasakan pengembangan diri nya dari biasa hingga memiliki kemampuan yang tidak biasa . Untuk mencapai tahapan ini , jangan menghindar dari setiap tahapan yang harus dilalui . Kekuatiran berlebihan menyebabkan orang tidak maksimal dalam mencapai kemampuan yang ada dalam dirinya. ...

.....
Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 4 Juli 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN JUNI 2014

Pengaruh figur seseorang yang memiliki nama besar ...
Nama Sosai Mas Oyama begitu besar pengaruhnya didunia beladiri karate . Orang menjadi semakin dikenal apabila dapat berkenalan dengan beliau secara langsung dan apalagi dapat berfoto bersama atau sering terlibat acara bersama . Orang menjadi percaya terhadap apa yang diutarakan atau diajarkan karena melihat bukti kedekatannya dengan Sosai . Setelah berjalan sekian lama dan merasa sudah berbuat banyak dalam mengembangkan kyokushin karate serta merasa dirinya semakin dikenal , orang mulai merasa dirinya penting dan mulai lengah dalam bersikap yang dulu sangat diperhatikan dan dijaga sesuai orang yang mendalami jalan budo karate . Pikirannya mulai berubah dan merasa menjadi orang yang sangat dibutuhkan dan bukan lagi dia yang membutuhkan kehadiran seorang figur seperti Sosai Mas Oyama ...


.....
Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 3 Juni 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN MEI 2014

Kalau memang cukup menguasai, berbicaralah – kalau terasa masih banyak yang belum diketahui, bertanyalah ...
Sering kita amati , kadang-kadang justru sebaliknya dimana yang tidak menguasai ,mencoba berbicara banyak seolah-olah tahu permasalahannya ; sebaliknya yang mengetahui lebih banyak justru malah tidak banyak bicara . Pernah ada yang mengatakan , bahwa ketika dia mencoba mendalami sesuatu, ternyata begitu banyak yang belum diketahui dan membuat dia semakin bingung . Hal ini membuat orang semakin ingin mencari tahu hingga dapat lebih memahami secara baik . Orang ini pasti memiliki keinginan kuat untuk memahami sesuatu secara lebih mendalam dan benar , bukan hanya sekedar kulitnya saja . ...


.....
Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 1 Mei 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN APRIL 2014

Memperoleh kesempatan yang sama, belum tentu hasilnya sama...
Dua orang sama-sama memiliki sabuk hitam dan sudah meraih banyak predikat dalam setiap kegiatan pertandingan dan sama-sama berniat mengembangkan perguruan dengan membuka dojo . Setelah waktu berlalu , yang satu memiliki anggota yang cukup banyak dan berbakat dalam bertarung ; sedangkan yang lainnya hanya begitu-begitu saja . Ketika ditanya, jawabannya selalu pesimis , alasannya banyak sekali dan sering menyalahkan situasi dan kondisi yang ada padanya ; banyak kekuatiran ; tidak nampak ada perencanaan atau ide-ide untuk mengembangkan dojo. ...


.....
Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 3 April 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN MARET 2014

Perubahan merupakan hal yang tak terelakkan...
Kalau dulu sebagai seorang pejabat yang maha kuasa, tiba-tiba bisa berubah menjadi seorang terdakwa .
Kalau dulu memiliki harta yang tak terhitung , dalam waktu semalam dapat berubah menjadi orang yang tak punya .
Ketika jaman Sosai Mas Oyama masih bersama kita, keadaan rumah tangga kyokushin terasa sangat solid dan metode-metode latihan yang militan masih ada yang mau menjalankannya ,karena ada bimbingan dari orang yang ahli dan hidupnya total untuk karate. Namun setelah beliau tidak bersama kita lagi , sedikit demi sedikit warna kyokushin mulai berubah . Dulu masih ada yang mau menjalankan hidup khusus untuk kyokushin karate yang disebut uchi deshi, sekarang sudah tidak ada yang mengadakan program uchi deshi di organisasinya, kalau pun ada juga tidak seekstrim seperti dulu ...


.....
Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 6 Maret 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN FEBRUARI 2014

Tanpa disadari kita sudah masuk di tahun kuda . Layaknya kuda yang perkasa, pasti larinya kencang , penuh percaya diri , dan tidak mengenal lelah didalam mencapai tujuan . Tahun ini kita memang penuh dengan acara dari Januari hingga akhir tahun , baik acara daerah, nasional , maupun regional . Seluruh daerah bangkit melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka mencari calon penerus yang dapat diandalkan . Semua tugas ini pasti dapat diselesaikan dengan baik apabila kita memiliki semangat seperti kuda perkasa yang tetap optimis dan tidak mudah menyerah hanya karena rintangan-rintangan yang dihadapi .

.....
Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 8 Februari 2014
=======================================================================
SUARA SHIHAN JANUARI 2014

Nelson Mandela sepanjang hidupnya memperjuangkan keadilan bagi rakyatnya yang tertindas . Gerakan perlawanannya membuat dia harus melewati hidup lebih lama di penjara. Meskipun pada awalnya gerakan yang dipimpin Nelson Mandela memberikan harapan yang sedikit, namun dia terus menyuarakan kebebasan dan keadilan . Hanya orang yang sudah tidak memperhitungkan diri dapat menumpahkan segenap hati didalam perjuangan demi perbaikan nasib bangsa nya .

.....
Selanjutnya.... (klik disini)

updated on 7 Januari 2014
=======================================================================





Depan | Sejarah | Organisasi | Kegiatan

SUARA SHIHAN | Galeri | Dogi | Buku Tamu